Rabu, 24 April 2013

TIPS MEMILIH SISTEM OPERASI UNTUK JARINGAN KOMPUTER


Tips Memilih Sistem Operasi Untuk Jaringan Komputer


Jika Hardware diibaratkan seperti tubuh, maka software adalah ruhnya. Sebagus apapun komputer dan peralatan yang anda miliki tidak akan banyak berarti tanpa ditunjang oelh software yang handal. Salah satu software yang sangat vital dan menentukan kinerja komputer adalah sistem operasi.
Agar komputer dapat bekerja secara optimal harus digunakan sistem operasi yang sesuai. Ada beberapa jenis sistem operasi yang dapat anda gunakan. Beberapa yang populer diantaranya adalah :
·         Windows NT/2000/xp/windows 7
·         Novel Netware
·         Unix (FreeBSD,Net BSD,OpenBSd dst)
·         Linux (Redhat, Slackware, Debian, dsb
·         Mac OS X
·         QNX
·         BeOS, dsb
Memilih sistem operasi yang tepat merupakan setengah dari keseluruhan kegiatan membangun jaringan komputer.Efeknya baru terasa setelah jaringan komputer bertambah besar dan masalah menjadi semakin kompleks.
Ada empat jenis sistem operasi yang sering digunakan pada jaringan komputer, yaitu Windows, Novell, Linux dan  Unix. Banyak pengguna menyukai windows. Alasannya windows relatif mudah untuk digunakan dan memiliki banyak aplikasi. Sayangnya software aplikasi dari windows bukanlah opensource sehingga anda harus membelinya secara legal. Pilihan lain adalah Linux dan Unix.
Masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun umumnya mereka  tidak saling kompatibel. Anda tidak dapat menggunakan aplikasi Windows di Linux dan Unix, begitu pula sebaliknya. Jadi pertimbangkan baik-baik sebelum memilih.
Jika komputer anda tergolong baru dan belum mengenal UNIX atau Linux, gunakanlah windows Xp untuk HOST and Guest. Sisten Unix dan Linux sudah dikenal tangguh dan cocok untuk server. Sayangnya keduanya masih agak asing untuk sebagian orang dan belum semudah windows dalam penggunaannya. Jika anda tertarik menggunakan LInux cobalah FreeBSD. Untuk LINUX cobalah Slackware atau Fedora.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar