ORGANISASI BISNIS
TIPE-TIPE ORGANISASI :
· 1. LINE ORGANIZATION
· 2. LINE AND STAFF ORGANIZATION
· 3. FUNCTIONAL ORGANIZATION
· 4. COMMITTEE ORGANIZATION
1. LINE
ORGANIZATION
Tertua, paling
sederhana
Tugas perencanaan,
pengendalian berada di satu orang, line authority langsung dari pimpinan kpd
bawahan.
Ciri line
organization
§ Tujuan organisasi
sederhana
§ Organisasinya
kecil
§ Jumlah karyawan
sedikit
§ Pimpinan dan
karyawan saling mengenal & dpt berhubungan setiap hari
§ Hubungan
pimpinan-karyawan bersifat langsung
§ Tingkat
spesialisasi, alat yg diperlukan tidak begitu tingi tdk beraneka ragam
Kebaikan &
keburukan
§Kesatuan pimpinan
§ Garis perintah
§ Proses
pengambilan keputusan
§ Pengawasan
§ Tingkat
solidaritas
2. LINE & STAFF
ORGANIZATION
Ciri :
§ Organisasi besar,
kompleks
§ Jumlah karyawan
banyak
§ Daerah kerja luas
§ Hubg kerja yg
bersifat langsung tdk mungkin lagi
§ Pimpinan-karyawan
bisa tidak saling mengenal
§ Spesialisasi
beraneka ragam & digunakan scr optimal
Terdapat 3 komponen
utama :
§ Pimpinan
(pengendali, pnanggung jawab, menetukan tuj, kebijaksanaan, keputusan)
§ Staf (pembantu
pimp) : staf koordinasi (nasihat, pengawasan), staf teknik (pelayanan teknis)
§ Pelaksana :
pelaksana tugas
KEBAIKAN &
KEBURUKAN
§ Ada pembagian
tugas yg jelas
§ Potensi dapt
dikembangkan optimal
§ Prinsip
organizing dpt diterapkan
§ Pengambilan
keptusan cepat, ahli
§ Koordinasi mudah,
krn ada pembagian tugas
§ Moral anggota
tinggi, krn sesuai keahlian
3. FUNCTIONAL
ORGANIZATION
Adalah organisasi
yg disusun berdasarkan sifat & macam-macam fungsi yg hrs dilaksanakan
Ciri :
§ Pembidangan tugas
scr tegas & jelas dpt dibedakan
§ Dlm melaksanakn
tgs tdk banyak memerlukan koordinasi trutama pd tingkat pelaksana bwhn krn
bidang tugas sdh jelas.
§ Koordinasi ada pd
tingkat pimpinan
§ Pembagian unit
organisasi didsrkan spesialisasi tugas
§ Para direktur
mempunyai wewenang komando thd unit yg ada dibawahnya, tidak perlu atas nama
direktur utama
Dapat terlihat pd
perusahaan yg bidang tugasnya dpt digariskan scr tegas, mis : unit produksi,
pemasaran, keuangan, dll
KEBAIKAN &
KEBURUKAN
§ pembidangan tugas
jelas
§ spesialisasi dapt
dikembangkan optimal
§ Solidaritas
/moral dalam satu bidang tinggi
§ Koordinasi dalam
satu bidang mudah
§ Koordinasi
menyeluruh terjadi pd tingkat pimpinan
4. COMMITTEE
ORGANIZATION
Umumnya dibentuk
dalam waktu yg terbatas untuk melaksanakan tugas-tugas.
Ciri :
§ Tugas tertentu,
jangka waktu terbatas
§ Seluruh unsur
pimp duduk dlm panitia (ketua/anggota)
§ Kepemimpinan
kolektif, tanggungjwb kolektif
§ Semua anggota
pimp mempunyai hak, wewenang, tggjwb yg sama
§ Pelaksana
dikelompokkan menurut bidang tugas ttt yg hrs dilaksanakan dlm bentuk tugas
KEBAIKAN &
KEBURUKAN
§ Keputusan diambil
scr tepat krn dibicarakan scr kolektif
§ Kemungkinan
tindkan diktatoris kecil
§ Kerja sama
dikalangan pelaksanan muda
B. BENTUK-BENTUK ORGANISASI
a. Bentuk
Organisasi Garis
b. Bentuk
Organisasi Fungsional
c. Bentuk
Organisasi Garis dan Staf
d. Bentuk
Organisasi fungsional dan Staf
a. Organisasi Garis
Oleh
Henry Fayol (Paris)
Bentuk organisasi
yang paling sederhana dan paling tua, digunakan di kalangan militer dengan
jumlah karyawan yang masih sedikit dan saling kenal, dan spesialisasi kerja
yang belum begitu tinggi.
Kelebihan
a. kesatuan komando
baik karena pimpinan berada di atas satu tangan
b. proses
pengambilan keputusan berjalan dengan cepat.
c. Solidaritas
karyawan tinggi karena saling kenal.
Kekurangan
a. jika sang
pemimpin tidak mampu maka akan mudah jatuh
b. ada kecendrungan
bertindak otokratis
c. kesempatan
berkembang terbatas
b. Organisasi
Fungsional
Oleh
F.W. Taylor.
Pimpinan-pimpinan
yang ada tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap pimpinan mempunyai
wewenang memberik komando sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan
tersebut.
Kebaikan
a. Pembagian tugas
jelas
b. Spesialisasi
karyawan dapat dikembangkan dan digunakan dengan maksimal
c. Digunakan tenaga
ahli dalam berbagai bidang sesuai dengan fungsi-fungsinya.
Keburukan
a. Spesialilsasi
menyebabkan susah “tour of duty”
b. Karyawan
mementingkan bidangnya sehingga sukar melaksanakan koordinasi.
c. Organisasi Garis
dan Staf
Oleh
Harrington Emerson
Biasanya digunakan
oleh organisasi besar dengan daerah kerja yang luas dengan bidang tugas yang
beraneka ragam serta rumit. Memiliki satu atau lebih tenaga staf tenaga ahli
yang memberi saran atau nasihat.
Kebaikan
a. Dapat digunakan
oleh tenaga organisasi sebesar apapun dan sekompleks apa pun.
b. Keputusan yang
matang dan sehat dapat diperoleh karena adanya tenaga ahli.
c. Dapat mewujudkan
“The right man in the right place”.
Keburukan
a. Solidaritas
sukar diwujudkan karena tidak saling kenal
b. Koordinasi
kadang sukar diterapkan karena terlalu luasnya organisasi
d. Organisasi Staf
dan Fungsional
Merupakan kombinasi
organisasi staf dan funsional, memiliki kekurangan dan kelebihan seperti halnya
organisasi staf dan fungsional.
Organisasi Bisnis
Pengertian
organisasi bisnis yaitu suatu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan
bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit). Contoh organisasi
bisnis adalah radio. Radio disebut organisasi bisnis karena tujuan ekonominya
adalah menghasilkan keuntungan melalui kegiatan penyampaian informasi dan
hiburan kepada masyarakat.
Agar
bisnis dapat berjalan dengan sukses maka perlu diorganisasikan. Dalam
mengorganisasi suatu bisnis tentunya harus memperhatikan unsur-unsur bisnis
yang ada. Unsur bisnis yang perlu mendapat perhatian pengusaha yaitu lingkungan
bisnis. Lingkungan sangat besar pengaruhnya kepada efisiensi dari operasional perusahaan
dan kemampuannya untuk memperoleh keuntungan, Untuk itu setiap pemilik dan
pemimpin usaha harus dapat memahami keadaan lingkungannya dan dampak lingkungan
tersebut terhadap usahanya.
Secara
garis besar lingkungan bisnis dapat dibedakan menjadi; lingkungan pasar (market
environment), dan lingkungan bukan pasar (nonmarket environment).
Yang termasuk dalam lingkungan pasar adalah unsur-unsur dalam sistem pasar yang
berpengaruh terhadap kegiatan suatu perusahaan, yang meliputi;
- Langganan
- Perusahaan yang
menyediakan bahan mentah
- Para pekerja
dalam perusahaan
- Perusahaan lain
pesaing maupun bukan pesaing
Sedangkan
lingkungan bukan pasar meliputi beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan
perusahaan dalam perekonomian. Unsur-unsurnya antara lain;
- Kegiatan ekonomi
pada keseluruhannya
- Peraturan dan
Undang-undang negara dan pelaksanaannya
- Kestabilan
pemerintah/politik dan kebijakan pemerintah
- faktor sosial
dan budaya dalam masyarakat
- Organisasi
perburuhan dan masyarakat lain
- Situasi dan
perkembangan ekonomi global
Unsur
lain yang mempengaruhi lingkungan bisnis berasal dari luar negara antara lain
perkembangan persaingan dan kemampuan untuk bersaing, pertumbuhan di negara
lain dan investasi modal asing. Untuk menghadapi persaingan dalam era
globalisasi saat ini, organisasi bisnis perlu meningkatkan teknologi dan
produktivitas, melakukan penetrasi ke pasar baru, dan menekan biaya produksi.
STRUKTUR ATAU SKEMA ORGANISASI
Struktur organisasi adalah suatu hubungan antara
komponen-komponen yang ada pada organisasi yang saling bekerja sama menjalankan
tugas dan wewenangnya masing-masing agar mencapai tujuan bersama.
Menurut Keith Davis ada 6 bagan bentuk struktur organisasi
diantarnya :
1. Bentuk vertikal
2. Bentuk mendatar / horizontal
3. Bentuk lingkaran / circular
4. Bentuk setengah lingkaran / semi circular
5. Bentuk elliptical
6. Bentuk piramida terbalik (invented pyramid)
Bagan mendatar adalah bentuk bagan organisasi yang saluran
wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi yang rendah
disusun dari kiri ke kanan atau sebaliknya.
Bagan lingkaran adalah bentuk bagan organisasi yang
saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi yang
rendah disusun dari pusat lingkaran kea rah bidang lingkaran.
Bagan setengah lingkaran adalah bentuk bagan organisasi
yang saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi
yang rendah disusun dari pusat lingkaran kea rah bidang bawah lingkaran atau
sebaliknya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar